Dasar Pendirian Masjid

Untuk mewujudkan SDM dengan integritas yang tinggi bukanlah pekerjaan yang mudah. Di samping faktor kemauan dari masing-masing individu, diperlukan pula faktor pendukung lainnya, termasuk akhlak dan mental. Agar pembinaan akhlak dan mental dapat berjaln efektif dan berkesinambungan, maka diperlukan sarana yang memadai untuk mendukungnya. Dalam kaitan inilah nampak begitu pentingnya keberadaan sebuah masjid pada lingkungan Perumahan Vilamas Indah Blok.A sebagai sarana pembentukan dan pembinaan akhlak dan mental warga Perumahan khususnya yang beragama Islam, dan sekaligus sebagi sarana ibadah umat Islam pada umumnya.

Di samping sebagai sarana peribadatan, keberadaan masjid di lingkungan Perumahan Vilamas Indah Blok.A diharapkan juga menjadi tempat untuk pengembangan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, masjid di lingkungan Perumahan selain sebagai tempat ibadah juga berfungsi sebagai majlis dzikir, majlis ilmu dan majlis ukhuwwah yang kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan dalam penghambaan kepada Allah SWT.

Walaupun keberadaan masjid dalam komplek perumahan Vilamas Indah Blok.A, sebagai sebuah “rumah kebajikan” tentunya diharapkan agar masjid tersebut dapat disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memuliakan dan mengagungkan nama Allah. Oleh karena itu, masjid ini boleh didatangi kaum muslimin dari mana saja dan kapan saja, tidak hanya warga Perumahan Vilamas Indah  tetapi juga masyarakat sekitar Kaliabang dan masyarakat muslim pada umumnya.

Penulis-Abu raihan